Judul            : one day
Penulis         : david nicholls
Penerjemah  : bob sabran and melody violine
Editor           : johanes trihartono, fransiska r,uli, and yuki anggia putri
Tahun terbit  : 2011
Penerbit        : esensi

Saya akan me review buku dan film yg sama yg berjudul one day. One Day mengisahkan tentang hubungan antara Emma Morley( Anne Hathaway ) dan Dexter ( Jim Sturgess ) dari tanggal 15 Juli 1988 sampai tahun 2011. Walaupun mereka telah berjanji untuk tetap menjadi sahabat. Mereka menyimpan perasaan yang lebih dari itu kepada satu sama lain. Film ini menceritakan setiap tanggal 15 Juli. Keadaan semakin sulit ketika Dexter meninggalkan Emma. Dan ketika Emma benar-benar meninggalkan Dexter.
Setelah melalui malam kelulusan 15 Juli 1988 yang tidak bisa terlupakan itu terucap janji untuk tetap saling berkomunikasi walau waktu , jarak memisahkan. Emma gadis yang penuh prinsip serta pintar, mendapatkan pekerjaan, begitu juga Dexter bekerja menjadi presenter acara televisi.
Emma juga memiliki bakat menulis, selalu mengasah dan mencurahkan isi hatinya melalui surat – surat kepada Dexter, akan tetapi Dexter selalu menganggap segala sesuatunya remeh, baik hubungan dengan Emma, bahkan keluarganya sendirinya, sampai akhirnya ayah nya menarik segala harta, seperti mobil mewah, dan Dexter harus mandiri.
Hubungan dengan Emma terus belangsung, terutama setiap tanggal 15 Juli, jika pertemuan diwarnai dengan pertengkaran, Emma selalu dapat memahami kelakuan idamannya tersebut. Sampai akhirnya ternyata Dexter datang memberikan undangan pernikahannya dengan perempuan lain, tetap Emma dapat memahami, walau hatinya sangat hancur.
Dexter menjalani kehidupan rumah tangganya dengan memiliki seorang anak perempuan, walau tidak bahagia, isterinya selingkuh dengan pria idaman lain.berlanjut ke perceraian.
Dengan membuang segala ego, emosi yang terpendam selama ini, Emma akhirnya menerima Dexter yang hancur, menjadi pendamping dan pilihan hidupnya. Cinta akhirnya berbicara di hati keduanya.
Dexter dan Emma menikah dan ditengah kebahagiaan mereka, Emma memiliki keinginan seorang anak.dari Dexter tetapi selalu gagal  sampai ketika Emma mengalami frustasi berat dan berkepanjangan saat berada di etnagah jalan raya, Emma  tidak konsentrasi  terjadilah kecelakaan yang mengakibatkan Dexter kehilangan orang yang sangat mecintainya , Emma meninggal dunia.
Dexter yang telah sukses mempunyai usaha bersama Emma, akhirnya juga kehilangan kendali, dan kehidupan selanjutnya harus di jalani hanya dengan selalu membayangkan kisah cinta keduanya, tawa dan air mata yang tidak terlupakan.

One Day diangkat dari novel yang berjudul “One Day” dari David Nicholls. Sebenarnya, One Day adalah film drama yang sangat kuat. Saya sangat menikmati penggalan cerita setiap 15 Juli. Saya dapat merasakan bagaimana perasaan Emma Morley disini. Bicara tentang Ending disini, sedikit disayangkan memang. Namun, dari ending tersebut kita dapat tersentuh akan ketulusan dan betapa besar cintanya Dexter terhadap Emma.Anne Hathaway yang bereperan sebagai Emma Morley begitu mendalami karakternya.  Chemistry Anne Hathaway sebagai Emma dan Jim Sturgess sebagai Dexter punsangat jelas terasa. Jelas memberikan efek kepada film ini sendiri. Saya merasa tersentuh dengan film ini.
Banyak yg mungkin harus di ceritakan tp sulit di ungkapkan untuk One Day. Karena setelah ending film dan novelnya, saya begitu berharap akan ada lanjutan novel dan filmnya tersebut. Bgtu banyak momen-momen yang membuat saya berkata “awwww” dan ending yang sangat menyentuh tersebut. One Day cenderung menjadi bacaan dan tontonan yg sangat romantis. Durasi sebenarnya tidak masalah. bagaimana Lone Scherfig mengarap film ini. Dan membuat penonton merasa tersentuh untuk tetap mengikuti film ini dari 15 Juli 1988 sampai 15 Juli 2011. 

Overall, One Day adalah novel yang dan di angkat menjadi film drama/romance yang digarap oleh Lone Scherfig dengan cukup baik. Kisah cinta Emma Morley dan Dexter yang sering dialami oleh orang-orang zaman sekarang. One Day jelas adalah drama/romance yang cukup menghibur walaupun memiliki beberapa kekurangan yang bisa ditutupi oleh chemistry Anne Hathaway dan Jim Sturgess.


                                                                                                                         Jakarta, 3 oktober 2017                                                                                                                                                  Salam NF

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tjokroaminoto guru para pendiri bangsa